Membangun Silaturahmi melalui Organisasi IKALA SMPN 2 SKI

0
215

Oleh: Andi SUWIRTA

Tahun 2017 adalah momentum bersejarah bagi para Alumni SMPN (Sekolah Menengah Pertama Negeri) 2 Sukamandi, karena pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 23 April 2017, para Alumni dari berbagai Angkatan bersepakat untuk mendirikan organisasi IKALA (Ikatan Keluarga Alumni Lintas Angkatan) SMPN 2 SKI.

Lantas, untuk apa sebenarnya IKALA didirikan? Jawabnya sangat sederhana, yakni untuk membangun Silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan. Banyak diantara kita, hingga sekarang, yang masih ragu dan tidak percaya bahwa IKALA SMPN 2 SKI bisa didirikan. Sebabnya ialah karena saya sendiri punya pengalaman yang kurang menyenangkan dengan organisasi IKA (Ikatan Keluarga Alumni), yakni saya kurang berhasil mendirikan IKA di SD (Sekolah Dasar) saya, saya juga kurang berhasil membangun IKA di SPGN (Sekolah Pendidikan Guru Negeri) Subang, dan bahkan saya juga tidak berhasil menggagas pendirian IKA di Jurusan Pendidikan Sejarah IKIP/UPI (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan/Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung.

IKALA SMPN 2 SKI memang luar biasa. Dan salah satu faktor keberhasilannya adalah, saya kira, karena peran dari para Pembina IKALA, yang merupakan Guru-guru dan/atau mantan Guru kita tercinta di SMPN 2 Sukamandi. Karena itu, dalam mimbar yang terhormat ini, saya sebagai Ketua Umum IKALA ingin memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para Pembina IKALA, sebagai faktor perekat dan pemersatu para Alumni Lintas Angkatan di SMPN 2 Sukamandi, khususnya bunda Nia Kurniasih, bunda Ade Maryati, bunda Ika Rustika, juga kepada bapak/ibu guru yang lain, di sini juga ada pak Toto Fatoni dan pak Wawan Ruswan. Terima kasih sekali lagi.

IKALA SMPN 2 SKI punya Visi, Misi, dan Program yang sederhana, yakni bagaimana Silaturahmi itu bisa dibangun melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan menggembirakan, seperti SSJSP (Silaturahmi Sambil Jalan Sehat Pagi) di Sukamandi pada tanggal 19 Maret 2017, Bukber dan Silaturahmi seperti pada hari ini, dan TALAS JASS (Temu Alumni Lintas Angkatan Sambil Jalan Sehat dan Silaturahmi) di Kota Subang pada bulan Juli 2017 nanti.

Tentu saja, ke depan, IKALA SMPN 2 SKI ingin punya Agenda dan Program yang lebih besar dan bermanfaat, tidak hanya untuk para Alumni, tetapi juga untuk Almamater tercinta, yakni SMPN 2 SKI, dan masyarakat luas. Tapi biarlah IKALA ber-panta rei, mengalir saja dulu, dan slowly but surely, pelan namun pasti, insha Allah peran-peran besar dan kerja-kerja kemanusiaan itu akan bisa direalisasikan. Amin YRA (Ya Robbal Alamin).

IKALA juga telah berhasil membangun identitas dan jiwa korsa (esprit de corp) organisasi. Kita telah punya logo IKALA, ciptaan Anugraha, seorang Alumni yang sekarang berkhidmat sebagai Guru di Padang, Sumatera Barat. Kita juga sudah membuat KTA (Kartu Tanda Anggota), yang pada hari ini akan diberikan oleh Pembina IKALA.

Saya ingin sedikit menjelaskan tentang KTA IKALA ini. Ini adalah kartu yang unik dan mungkin lebih hebat dari Kartu Pintar Indonesia. Sebab dengan KTA ini, bapak/ibu bisa gratis kalau naik taksi, walaupun harus bayar pada saat turun. So, naik gratis, turun bayar. Atau kalau kita pergi ke Ruman Makan, gak apa-apa hari ini kita kita bayar dulu, baru besok gratis. Walaupun begitu besoknya kita datang lagi, tetap saja sama, yakni “Hari ini Bayar, Besok Gratis”. So, entah kapan gratisnya.

Hingg saat ini, KTA IKALA yang berhasil dibuat baru sebanyak 87 orang. Karena itu kami menghimbau kepada bapak/ibu yang belum punya KTA, silahkan kirim CV (Curriculum Vitae) singkat dan foto selfienya kepada Ketua Angkatan masing-masing. Termasuk bapak/ibu guru yang belum punya KTA sebagai Pembina IKALA, juga kami tunggu CV singkat dan fotonya.

IKALA juga telah membuat kaos atau t-shirt, yang insha Allah akan dibagikan pada Minggu depan di rumahnya Bendahara Usaha IKALA, ibu Yuyun Dwi Yuniastuti, di Margamulya. IKALA juga telah membuat Topi, melalui inisiatif dari Abah Ricky. Terima kasih Abah, Ketum juga sudah dapat Topi tersebut. Haratis.

Yang lebih heboh, karena sangat dinamis dan aktif, IKALA juga punya dua WAG (WhatsApp Group), yakni WAG IKALA dan WAG Presidium IKALA. Memang dalam WAG, kita lebih banyak bercanda, tapi tujuan utamanya adalah untuk saling mengenal dan membangun silaturahmi. Jika bapak/ibu ingin serius, memang bukan di WAG tempatnya, tapi di WAG atau website jurnal ilmiah dan media-media organisasi formal lainnya.

Dalam waktu dekat, IKALA juga akan punya website, dengan alamat: www.ikala-smpn2ski.com Dengan web ini, semua News (berita-berita tentang IKALA), Views (pandangan atau opini dari Anggota IKALA), Who’s Who (biodata Pengurus dan Anggota IKALA), dan Videos (film dokumenter tentang kegiatan IKALA) akan kita unggah, agar bisa dibaca dan diketahui oleh masyarakat luas.

Melalui acara Bukber di bulan Romadhon dan Silaturahmi ini, kita ingin meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT (Subhanahu Wa- Ta’ala). Apa dan bagaimana meningkatkan iman dan takwa kita, mari kita dengar dan simak dengan seksama Tausiyah yang akan diberikan menjelang saat berbuka puasa sebentar lagi.

Kepada bapak Sekjen IKALA dan ibu, pak Mamuri dan ibu Asiah, jutaan terima kasih kami haturkan, karena telah sudi untuk menjadi Syahibul Beith (tuan rumah) dalam acara yang insha Allah barokah ini.

Akhir sekali, tuan/puan, saya nak berpantun, memadangkan saya pun ada kebolehan dalam cakap Melayu. Saya lama duduk di Malaysia, kerana sakit, tak lah, selaku Pensyarah Pelawat (orang Indonesia kata Dosen Tamu) di UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia) di Bangi, Selangor Darul Ehsan, Malaysia. Macam ni Pantunnya:

Satu dua tiga empat, lima enam tujuh delapan.
IKALA memang hebat, kekal berjaya di masa hadapan.

Jalan-jalan ke Sukamandi, jangan lupa ke Margamulya.
Bila nak membina Silaturahmi, sila berhimpun dalam IKALA.

Margamulya di Sukamandi, jalannya kecil muter-muter.
IKALA adalah nama organisasi, didirikan bulan April di Ciater.

Margamulya masih di Sukamandi, awan mendung tanda nak hujan.
IKALA punya Visi dan Misi, kita dukung hingga mencapai tujuan.

Pak Sugiman orangnya bersih. Sekian dan terima kasih.

=====

Keterangan: Naskah ini merupakan Pidato Sambutan Ketua Umum IKALA SMPN 2 Sukamandi dalam acara Bukber (Buka Bersama) dan Silaturahmi di Bulan Ranadhan, pada hari Sabtu, tanggal 10 Juni 2017, bertempat di Aula SMA (Sekolah Menengah Atas) Muhammadiyah di Sukamandi, Ciasem, Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Andi SUWIRTA adalah Ketua Umum IKALA SMPN 2 SKI; Ketua Umum ASPENSI; dan Dosen Senior di Departemen Pendidikan Sejarah FPIPS UPI di Bandung. [MAS]

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here