Kunjungan Mahasiswa Pascasarjana UMS Kota Kinabalu ke FPOK UPI Bandung

0
355

Pada hari Jumat, tanggal 22 Mei 2015, FPOK UPI (Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung menerima kunjungan rombongan mahasiswa dari Pascasarjana UMS (Universitas Malaysia Sabah) Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Rombongan sebanyak 27 mahasiswa tersebut diterima langsung oleh Dekan FPOK UPI Bandung, Dr. Yunyun Yudiana, beserta para Wakil Dekan, Dosen, dan Mahasiswa FPOK UPI Bandung.

3Rombongan mahasiswa Pascasarjana UMS Kota Kinabalu dipimpin langsung oleh Dr. Anuar Din, seorang Dosen Senior yang pakar tentang Pendidikan dan Manajemen Olahraga di Sekolah Pendidikan dan Pembangunan Sosial UMS. Menurut beliau, kunjungan ini selain untuk menjalin silaturahmi dan kerjasama akademik dengan pihak FPOK UPI Bandung, juga untuk berbagi wawasan dan pengalaman tentang manajemen TBI (Terbitan Berkala Ilmiah), mengingat pihak FPOK UPI Bandung punya pengalaman dalam mengelola jurnal-jurnal ilmiah, seperti ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan dan SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education.

Sementara itu, Dr. Yunyun Yudiana, Dekan FPOK UPI Bandung, dalam sambutannya menjelaskan tentang sejarah lembaga dan prestasi-prestasi yang telah ditorehkan oleh Dosen-dosen FPOK UPI Bandung, baik pada tingkat nasional maupun internasional. Dr. Yunyun juga menyambut baik keinginan untuk menjalin kerjasama antara pihak UMS Kota Kinabalu dengan pihak FPOK UPI Bandung.

Dalam acara pertemuan yang diadakan di Ruang Auditorium FPOK UPI Bandung tersebut, juga diadakan presentasi dan diskusi tentang Pengelolaan TBI, yang disampaikan oleh Andi SUWIRTA sebagai Dosen Senior di Departemen Pendidikan Sejarah UPI dan Ketua Umum ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung. Menurut Andi, pihak Minda Masagi Press, badan penerbitan milik ASPENSI, memang ikut membantu dalam manajemen penerbitan jurnal-jurnal ilmiah yang dikelola oleh Dosen-dosen FPOK UPI Bandung, seperti ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan dan SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education.

Acara presentasi dan diskusi dipandu langsung oleh Dr. Nuryadi, seorang Dosen dan Anggota Senat Akademik dari FPOK UPI Bandung. Ternyata, banyak pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa Pascasarjana UMS Kota Kinabalu tentang pengelolaan jurnal ilmiah di FPOK UPI Bandung, seperti: (1) Bagaimana impact factor dari jurnal-jurnal ilmiah ini; (2) Apakah boleh mengirimkan tulisan, selain hasil penelitian, tentang hasil pemikiran dan tinjauan buku; (3) Siapa saja, selain Dosen, yang bisa mengirimkan artikel ilmiah ke jurnal-jurnal ini; (4) Bagaimana bisa mengakses dan membeli jurnal-jurnal terbitan FPOK UPI Bandung; dan sebagainya. Semua pertanyaan tersebut bisa dijawab dengan baik dan memuaskan oleh Andi SUWIRTA.

Dalam acara itu juga diselingi dengan pertukaran cinderamata antara pihak UMS Kota Kinabalu dengan pihak FPOK UPI dan ASPENSI Bandung. Acara kemudian ditutup dengan doa oleh Dr. Nuryadi, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Caring and sharing (peduli dan berbagi) memang menjadi semboyan baru bagi masyarakat ASEAN (Association of South East Asian Nations) di abad ke-21 ini. Karena itu, selamat dan sukses kepada pihak UMS Kota Kinabalu dan FPOK UPI Bandung, yang telah mengamalkan semboyan hidup tersebut. [MAS]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here