Ketua Umum ASPENSI dan Kegiatan Ceramah di AMG Malaysia

1
176

Ketua Umum ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia), Andi Suwirta, M.Hum., mendapat undangan istimewa dari Pengurus AMG (Akademi Menara Gading) di Kuantan, Negeri Pahang, Malaysia, untuk memberikan Ceramah Umum di hadapan para siswa AMG. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 21-25 Agustus 2014.

Andi Suwirta, yang juga adalah Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Pendidian Ilmu Pengetahuan Sosial UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung, menyatakan bahwa kegiatan memberi ceramah tentang Sejarah Indonesia Modern, dalam hubungannya dengan Malaysia sebagai negara tetangga dekat dan serumpun, adalah atas inisiatif dan undangan dari Prof. Madya Dr. Abdul Razaq Ahmad, Dosen Senior dari Fakultas Pendidikan UKM (Universitas Kebangsaan Malaysia).

aspensi.ums“Saya sudah lama bersahabat baik dengan Datuk Razaq Ahmad”, demikian Suwirta menambahkan dan, katanya, undangan ini dalam rangka mempererat silaturahmi akademik antara Dosen dari Indonesia dan dari Malaysia agar terbangun rasa saling memahami, menghormati, dan kerjasama yang baik di masa-masa yang akan datang.

Menurut Suwirta, selain memberikan ceramah umum, selama di Malaysia akan digunakan juga kesempatan yang baik itu untuk menjajagi kemungkinan kerjasama penerbitan jurnal ilmiah antara Minda Masagi Press, badan penerbitan milik ASPENSI di Bandung, dengan UMP (Universitas Malaysia Pahang) di Kuantan. Selain itu, Suwirta akan mengunjungi Lembaga MyCite (Malaysia Citation Index) di Putrajaya, Malaysia, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana jurnal-jurnal ilmiah di Malaysia bisa terindeks oleh lembaga-lembaga internasional, seperti Scopus, ISI, DOAJ, dan sebagainya.

Sebagaimana diketahui bahwa Minda Masagi Press, hingga tahun 2014 telah berhasil menerbitkan lima jurnal ilmiah, yaitu: (1) SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan; (2) EDUCARE: International Journal for Educational Studies; (3) TAWARIKH: International Journal for Historical Studies; (4) ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan; dan (5) SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah.

Tahniah dan syabas encik Andi, harap maju jaya hingga bila-bila masa. [MAS]

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here