Ketua Umum ASPENSI Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman dalam Workshop Manajemen Berkala Ilmiah

2
183

Ketua Umum ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung, Andi Suwirta, M.Hum., mendapat undangan untuk menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan workshop tentang bagaimana mengelola penerbitan berkala ilmiah secara profesional dan berkualitas.

Pada tanggal 3 Januari 2014, misalnya, Ketua Umum ASPENSI diundang oleh Dekan FPMIPA UPI (Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung, Prof. Dr. H. Asep Kadarohman, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh para Ketua Jurusan, Pengelola Jurnal, dan Dosen di lingkungan FPMIPA UPI.

“Fakultas kami telah memiliki berkala ilmiah, Jurnal Pengajaran MIPA, dan ingin terakreditasi oleh Ditjendikti Kemdikbud RI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia). Karena itulah kami mengundang pak Andi, orang banyak pengalaman dalam mengelola berkala ilmiah”, kata Prof Kadarohman, yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris SA (Senat Akademik) UPI Bandung.

Organisasi ASPENSI sendiri, melalui badan penerbitannya, Minda Masagi Press, hingga kini memang telah berhasil mengelola lima berkala ilmiah, yaitu: (1) SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, yang terbit setiap bulan Mei dan November; (2) EDUCARE: International Journal for Educational Studies, yang terbit setiap bulan Februari dan Agustus; (3) TAWARIKH: International Journal for Historical Studies, yang terbit setiap bulan April dan Oktober; (4) ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan, yang terbit setiap bulan Juni dan Desember; serta (5) SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, yang terbit setiap bulan Maret dan September.

Dari lima jurnal yang telah diterbitkan oleh Minda Masagi Press milik ASPENSI di Bandung tersebut, dua diantaranya telah terakreditasi oleh Ditjendikti Kemdikbud RI, yaitu: SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan; dan TAWARIKH: International Journal for Historical Studies. Bahkan menurut Suwirta, yang juga adalah Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah UPI, akan segera menyusul proses pengajuan akreditasi untuk jurnal-jurnal EDUCARE: International Journal for Educational Studies; dan ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan.

aspensi.27.12.2013Dihubungi melalui telefon selulernya, Suwirta menjelaskan bahwa ada tiga faktor penting dalam memenej berkala ilmiah agar ianya bisa terbit teratur, berkualitas isinya, serta diakui oleh para penulis dan pembaca jurnal. Ketiga faktor tersebut adalah: (1) adanya modal atau biaya untuk penerbitan dan kewajiban pasca terbit; (2) adanya jajaran redaksi yang punya komitmen dan profesional; serta (3) adanya artikel yang baik dan datang dari berbagai lembaga atau negara.

“Alhamdulillah, jurnal-jurnal ilmiah yang dikelola oleh kami dan diterbitkan oleh Minda Masagi Press berhasil mengatasi ketiga faktor penting tadi”, kata Suwirta menegaskan.

Atas dasar pengalaman dalam mengelola berkala ilmiah tersebut, Ketua Umum ASPENSI kini kebanjiran undangan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang bagaimana cara dan kiat sukses memenej jurnal-jurnal ilmiah. Hal ini nampak dari kegiatan workshop yang mana Suwirta akan bertindak sebagai narasumber, diantaranya:

Pada tanggal 28 Januari 2014, Ketua Umum ASPENSI akan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam sebuah workshop yang diselenggarakan oleh STIPAR (Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata) YAPARI di Bandung. Direktur STIPAR, Dr Haji E. Syarif Nurdin, mengundang langsung Ketua Umum ASPENSI dan mengharapkan agar jurnal pariwisata yang dimiliki oleh STIEPAR YAPARI bisa terbit teratur dan terakreditasi kembali.

Sementara itu, pada tanggal 7-8 Februari 2014, Ketua Umum ASPENSI juga diundang langsung oleh Rektor UNIGAL (Universitas Galuh) di Kota Ciamis, Jawa Barat, untuk menjadi narasumber dalam sebuah workshop tentang pengelolaan berkala ilmiah, yang akan dihadiri oleh para Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Pengelola Jurnal, dan Dosen di lingkugan UNIGAL. Menurut Rektor UNIGAL, Prof Dr Haji Suherli, pihaknya ingin belajar banyak tentang seni dan kiat mengelola berkala ilmiah, sehingga UNIGAL nantinya akan memiliki jurnal-jurnal ilmiah yang terujuk dan bermutu.

Selamat dan sukses kepada Ketua Umum ASPENSI. Insya Allah, amal yang ilmiah dan ilmu yang amaliah akan bermanfaat bagi kemajuan pendidikan sebuah negara-bangsa. [MAS]

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here