Round Table Conference, Penandatanganan MoA, dan Pelantikan Pengurus ASPENSI Periode 2013-2018

0
186

Pengurus ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) akan mengadakan kegiatan Round Table Conference atau SMB (Seminar Meja Bundar) dengan mengusung tema “Kajian Sejarah dan Pendidikan Sejarah”. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 27 Desember 2013, bertempat di Auditorium JICA-FPMIPA Kampus UPI (Unversitas Pendidikan Indonesia) di Bandung.

empire.hotel.bruneiDemikian keterangan pers yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal ASPENSI, Dr. Anzar Abdullah, baru-baru ini. Menurut Anzar, yang juga Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah UVRI (Universitas Veteran Republik Indonesia) Makassar dan Ketua Redaksi Jurnal TAWARIKH, dalam kegiatan Round Table Conference itu akan mendatangkan para pembicara dari Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Sementara itu, Sri Redjeki Rosdianti, M.M.Pd., selaku Ketua Panitia, menyatakan bahwa dalam kegiatan Round Table Conference tersebut akan ditandai juga dengan dua acara penting lainnya, yaitu: (1) Pelantikan Pengurus ASPENSI Periode 2013-2018; dan (2) Penandatanganan MoA atau Memorandum of Agreement antara pihak ASPENSI dengan lembaga-lembaga lain dalam rangka penerbitan jurnal-jurnal ilmiah.

Menurut Sri, yang juga Guru IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di SMP (Sekolah Menengah Pertama) Labschool UPI Kampus Cibiru dan SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 9 di Bandung, Pengurus ASPENSI Periode 2013-2018 yang akan dilantik itu, susunan nama-nama pengurus lengkapnya adalah sebagai berikut:

Ketua Dewan Pakar:
Prof. Dr. Ismail Ali (UMS, Kota Kinabalu, Malaysia)

Sekretaris Dewan Pakar:
Prof. Dr. H. Endang Komara (STKIP Pasundan, Cimahi)

Anggota Dewan Pakar:
Prof. Dr. Gusti Asnan (UNAND, Padang)
Prof. Dr. A. Rasyid Asba (UNHAS, Makassar)

Ketua Umum ASPENSI:
Andi Suwirta, M.Hum. (UPI, Bandung)

Sekretaris Jenderal:
Dr. Anzar Abdullah (UVRI, Makassar)

Bendahara:
Sri R. Rosdianti, M.M.Pd. (SMKN 9, Bandung)

Divisi Organisasi dan Advokasi:
Dr. Eko Supraptono (SMAN 1, Lebak)
H. Vredi Kastam Marta, M.Pd. (STKIP PGRI, Sukabumi)
Erna Pancawati, M.M.Pd. (SMKN 9, Bandung)

Divisi Penelitian dan Pengembangan:
Dr. Priyanto Wibowo (UI, Depok)
Dr. Kunto Sofianto (UNPAD, Bandung)

Divisi Seminar dan Workshop:
Dr. H. Imron Arifin (UM, Malang)
Tri Wahyuning M. Irsyam, M.Hum. (UI, Depok)
Dra. Hj. Endah Wahyati (SMAN 1, Subang)

Divisi Publikasi dan Humas:
Dr. Effendi Wahyono (UT, Jakarta)
Linda Sunarti, M.Hum. (UI, Depok)
Tati Setiawati Agustini, M.M.Pd. (SMKN 9, Bandung)

Divisi Networking dan Kerjasama:
Riama Maslan Sihombing, M.Sn. (ITB, Bandung)
H. TriYuniyanto, M.Hum. (UNS, Solo)
Dra. Wiwi Siti Zawiyah (SMKN 9, Bandung)

“Kepada bapak/ibu, yang namanya tercantum dalam kepengurusan ASPENSI periode 2013-2018 itu dimohon kehadirannya pada hari Juma’at, tanggal 27 Desember 2013”, demikian Sri menghimbau dan sekaligus menambahkan bahwa yang akan melantik Pengurus ASPENSI tersebut adalah Ketua Dewan Pakar ASPENSI atau yang mewakilinya.

Sementara itu, berkenaan dengan acara Penandatanganan MoA, baik Dr. Anzar Abdullah selaku Sekretaris Jenderal ASPENSI maupun Sri Redjeki Rosdiati selaku Bendahara ASPENSI menyatakan bahwa jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Minda Masagi Press, salah satu badan penerbitan milik ASPENSI, akan melakukan kerjasama sebagai berikut:

SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan (terbit setiap bulan Mei dan November), mulai edisi Mei 2014 akan dikelola bersama oleh tiga lembaga, yaitu: pihak UMS-KAL (Universiti Malaysia Sabah – Kampus Antarabangsa Labuan) di Malaysia; pihak Laboratorium Sejarah, Jurusan Sejarah UNHAS (Universitas Hasanuddin) di Makassar; dan pihak ASPENSI di Bandung.

EDUCARE: International Journal for Educational Studies (terbit setiap bulan Februari dan Agustus), mulai edisi Februari 2014 pula akan diteruskan kerjasamanya, antara pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) di Jawa Tengah dengan pihak ASPENSI di Bandung.

Dengan adanya penandatangan MoA tersebut, menurut Anzar dan Sri, maka semua jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Minda Masagi Press sudah bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain, baik dengan lembaga di dalam negeri maupun di luar negeri.

Berikut adalah nama-nama jurnal milik ASPENSI yang diterbitkan oleh Minda Masagi Press dan bekerjasama dengan lembaga-lembaga lain:

TAWARIKH: International Journal for Historical Studies (terbit setiap bulan April dan Oktober), merupakan hasil kerjasama antara pihak Jurusan Pendidikan Sejarah UVRI di Makassar dengan pihak ASPENSI di Bandung.

ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan (terbit setiap bulan Juni dan Desember), merupakan hasil kerjasama antara pihak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNSUR (Universitas Suryakancana) di Cianjur dengan pihak ASPENSI di Bandung.

SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah (terbit setiap bulan Maret dan September), merupakan hasil kerjasama antara pihak ASPENSI di Bandung dengan para Dosen di Akademi Pengajian Brunei UBD (Universiti Brunei Darussalam) dan Jabatan Sejarah UBD di Bandar Seri Begawan, Negara Brunei Darussalam.

Selamat dan sukses selalu buat Pengurus ASPENSI. [MAS]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here