Ketua Umum dan Sekjen ASPENSI akan Menandatangani MoA di Brunei Darussalam

0
108

Ketua Umum ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia), Andi SUWIRTA, M.Hum., akan berangkat ke Bandar Seri Begawan di Negara Brunei Darussalam pada tanggal 26-29 September 2013 dalam rangka memenuhi undangan Dosen-dosen dari UBD (Universiti Brunei Darussalam) untuk menandatangani MoA (Memorandum of Agreement) kerjasama penerbitan SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah.

Demikian pernyataan resmi yang dibuat oleh Pengurus ASPENSI di Bandung pada hari Jum’at, 12 Juli 2013 dan disampaikan oleh Dr. Anzar Abdullah, selaku Sekjen (Sekretaris Jenderal) ASPENSI kepada media massa. Menurut Anzar, yang juga Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah UVRI (Universitas Veteran Republik Indonesia) di Makassar, Sulawesi Selatan, dirinya sebagai Sekjen akan mendampingi Ketua Umum ASPENSI dalam acara penandatanganan MoA tersebut.

Dihubungi secara terpisah melalui telepon genggamnya, Andi SUWIRTA, M.Hum. membenarkan rencana kerjasama penerbitan jurnal SUSURGALUR tersebut. Menurut SUWIRTA, yang juga Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung, kerjasama penerbitan jurnal tersebut terealisasi berkat jasa baik dari Dosen-dosen UBD, dalam hal ini adalah Prof. Madya Ampuan Dr Haji Brahim bin Ampuan Haji Tengah (Ketua Pusat Studi Brunei UBD) dan Prof. Madya Dr Haji Awg Asbol bin Haji Mail (Dosen Senior di Program Sejarah UBD).

“Dalam acara penandatangan tersebut, juga akan turut hadir Prof. Madya Dr. Ismail Ali dari UMS-KAL (Universiti Malaysia Sabah – Kampus Antarabangsa Labuan) dalam posisinya sebagai Ketua Dewan Pakar ASPENSI”, kata SUWIRTA menambahkan.

Dengan kerjasama ini, menurut SUWIRTA, maka semua jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Minda Masagi Press, salah satu penerbitan milik ASPENSI, sudah memiliki jaringan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain. Misalnya, SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemausiaan merupakan hasil kerjasama antara ASPENSI di Bandung dengan UMS-KAL di Labuan, Sabah, Malaysia; EDUCARE: International Journal for Educational Studies merupakan hasil kerjasama antara ASPENSI di Bandung dengan UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) di Jawa Tengah dan UMS-KAL di Labuan, Sabah, Malaysia; TAWARIKH: International Journal for Historical Studies merupakan hasil kerjasama antara ASPENSI di Bandung dengan UVRI di Makassar, Sulawesi Selatan; dan ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan merupakan hasil kerjasama antara ASPENSI di Bandung dengan UNSUR (Universitas Suryakancana) di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.

Selamat dan sukses selalu kepada Pengurus ASPENSI. Memang, organisasi profesi itu perlu aksi nyata, bukan sekedar papan nama yang minus program kerja [MAS]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here