Kegiatan Rakor Penanganan Nilai-nilai Kejuangan dan Kepahlawanan se Jawa Barat

0
122

Ketua Umum ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia), Andi SUWIRTA, M.Hum., diundang untuk menjadi salah seorang nara sumber dalam Kegiatan Rakor (Rapat Koordinasi) Penanganan Nilai-nilai Kejuangan dan Kepahlawanan Provinsi dengan Kabupaten/Kota se Jawa Barat. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2013, bertempat di Hotel Lingga, Jalan Soekarno-Hatta No.464 Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Demikian keterangan yang diberikan oleh Haji Aip Rivai, S.H., M.Si., selaku Asisten Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat. Menurut Haji Aip, kegiatan Rakor ini akan dilaksanakan selama dua hari, yakni hari Selasa (11 Juni 2013) dan hari Rabu (12 Juni 2013), dengan mendatangkan nara sumber – selain Andi SUWIRTA, M.Hum. – adalah Dr. Herry Koswara dari STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) Bandung dan Dr. Hajah Kokom Komalasari dari UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung.

Materi yang akan disajikan dan didiskusikan oleh Andi SUWIRTA, yang juga Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah UPI Bandung, adalah “Pengembangan Nilai-nilai Kejuangan dan Kepahlawanan dalam Implementasi Kekinian”.

Dihubungi melalui telefon selulernya, Andi SUWIRTA menyambut gembira kegiatan Rakor tersebut untuk saling berbagi wawasan, pengetahuan, dan pengalaman bahwa nilai-nilai kejuangan dan kepahlawanan itu perlu terus dipupuk dan dikembangkan.

“Setiap generasi berhak tidak hanya untuk menulis sejarahnya sendiri, tetapi juga perlu menetapkan pahlawan-pahlawan baru yang sesuai dengan jiwa dan keperluan zaman”, kata Andi seraya menambahkan – dengan meminjam kata-kata Presiden Soekarno – bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa para pahlawannya.

Selamat kepada ASPENSI yang sudi berbagi visi dan melakukan diseminasi tentang sejarah dan pendidikan sejarah kepada masyarakat luas. [MAS]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here