Terpilih Kembali: Andi SUWIRTA sebagai Ketua Umum ASPENSI, Periode 2013-2018

4
267

Andi SUWIRTA, Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), akhirnya terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung untuk periode kedua, yakni 2013-2018.

Demikian pernyataan resmi dari Panitia Vote for Chairperson of ASPENSI yang disampaikan oleh Ketua dan Sekretaris Panitia, Tati Agustini Setiawati, M.M.Pd. dan Sri Redjeki Rosdianti, M.M.Pd. pada hari Minggu, 21 April 2013.

Menurut Tati dan Sri, yang keduanya adalah juga Guru SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 9 di Bandung, terpilihnya Andi SUWIRTA sebagai Ketua Umum ASPENSI hampir terjadi melalui konsensus dan aklamasi, karena semua SMS dan e-mail yang masuk ke Panitia menghendaki mantan Ketua Umum ASPENSI Periode 2008-2013 itu bersedia menerima amanah kepemimpinan untuk 5 tahun mendatang.

“Dari 86 Anggota dan Pengurus ASPENSI yang memiliki hak untuk dipilih dan memilih, hampir 99% menghendaki pak Andi agar mau menjadi Ketua Umum ASPENSI untuk periode 2013-2018”, kata Tati menandaskan.

Sementara itu Sri menambahkan bahwa dengan terpilihnya kembali Andi SUWIRTA sebagai Ketua Umum ASPENSI, maka ada tiga agenda besar yang harus dilakukannya. Pertama, menyempurnakan AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) organisasi agar sejalan dengan tantangan dan jiwa zaman. Kedua, menyusun dan melengkapi Pengurus ASPENSI untuk periode 2013-2018. Dan ketiga, terakhir, melaksanakan Sapta Program ASPENSI yang meliputi: (1) Konsolidasi Organisasi, (2) Kegiatan Riset dan Pengembangan, (3) Penerbitan Jurnal dan Buku Ilmiah, (4) Menyelenggarakan Seminar dan Lokakarya, (5) Diseminasi Disiplin Ilmu Sejarah dan Pendidikan Sejarah, (6) Advokasi Anggota, dan (7) Membangun Jejaring atau Networking dengan Lembaga lain.

“Kami yakin dan percaya, pak Andi SUWIRTA akan mau dan mampu mengemban amanah tersebut. Dengan didukung oleh Anggota ASPENSI lain, yang nanti akan dipercaya menjadi Pengurus ASPENSI, Sapta Program ASPENSI akan berjalan dengan lancar dan sukses. Insya Allah”, kata Tati dan Sri meyakinkan.

Ditemui di tempat terpisah, Andi SUWIRTA yang baru pulang dari kunjungannya ke UMS-KAL (Universiti Malaysia Sabah-Kampus Antarabangsa Labuan) di Malaysia dan ke UBD (Universiti Brunei Darussalam) di Bandar Seri Begawan dalam rangka membangun networking, pada hari Senin, 22 April 2013, menyatakan bersyukur atas amanah yang diberikan, namun juga menyatakan berat karena ASPENSI harus menunjukkan kiprahnya sebagai HIMPRO (Himpunan Profesional) yang benar-benar diakui oleh para akademisi, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.

“Namun insya Allah, dengan dukungan dan kerja keras dari seluruh Anggota ASPENSI, maka HIMPRO ini akan tetap eksis dan mampu melaksanakan program-programnya dengan baik dan profesional”, kata Andi menegaskan.

Selamat dan sukses selalu buat Ketua Umum ASPENSI yang baru. Salam YUS atau Yakin Usaha Sampai. [MAS]

SHARE

4 COMMENTS

  1. Tahniah dan syabas tuan Andi. Harap2 maju jaya. Salam muhibah drpd alumni Jabatan Pendidikan Sejarah IKIP Bandung di Malaysia.

  2. Congratulation sir. Nice to meet you in UMS-KAL and also interesting to attend your lecturing entitled “Modern Indonesian History and its Relations with Malaysian”. Your Malay language also okay. Best to do and work for ASPENSI.

    • Dear, Awang. Thanks a lot for your impression. But your question in those moment is very critical matters. You have asked, “What’s the Indonesian point of view towards the Lahad Datu incident?”. I think it is hard to me to give you the comprehensive answers. But what important here is that the Lahad Datu case is the internal affairs of Malaysian government. Probably it is different with the Philippines government’s opinion. Let’s we solve this problem based on the spirit of ASEAN that will be united in 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here