Redaksi TAWARIKH Terima Sertifikat Akreditasi

0
154

Redaksi TAWARIKH: International Journal for Historical Studies secara resmi telah menerima Sertifikat Akreditasi dari Dirjendikti Kemdikbud RI (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia). Dalam sertifikat yang ditandatangani oleh Prof. Agus Subekti, M.Sc., Ph.D. sebagai Direktur DP2M (Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) tersebut, antara lain, menyatakan bahwa berdadarkan Surat Keputusan Dirjendikti Kemdikbud RI Nomor: 80/DIKTI/Kep/2012, tanggal 13 Desember 2012 tentang Hasil Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Periode II Tahun 2012, maka jurnal TAWARIKH terakreditasi selama 5 (lima) tahun sejak tanggal ditetapkan.

Sebagaimana diketahui bahwa jurnal TAWARIKH ini pertama kali diterbitkan sejak tanggal 28 Oktober 2009, mengambil moment Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada waktu itu. Sejak edisi April 2012, jurnal TAWARIKH diterbitkan atas kerjasama antara ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung dengan Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP UVRI (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Republik Indonesia) di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Menanggapi hasil akreditasi tersebut, Rektor UVRI Makassar, Dr. Haji Syamsu A. Kamaruddin, menyambut gembira dan menelpon langsung Redaksi TAWARIKH di Bandung. Menurut Rektor UVRI Makassar, hasil ini merupakan kerja keras dan usaha bersama dengan harapan akan mengharumkan nama lembaga UVRI di Makassar dan ASPENSI di Bandung.

“Saya mendapat telepon ucapan selamat dari para Rektor Perguruan Tinggi di Sulawesi Selatan. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pengurus ASPENSI di Bandung atas kerjasama yang baik ini”, kata Rektor UVRI Makassar dengan gembira.

Sementara itu salah seorang anggota Redaksi TAWARIKH, Moch Eryk Kamsori, S.Pd., menyatakan bahwa bagi Pengurus ASPENSI hasil akreditasi ini merupakan prestasi tersendiri karena baru saja mengajukan proses akreditasi, hasilnya sangat menggembirakan. Di samping itu, kata Eryk yang juga Dosen di Jurusan Pendidikan Sejarah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung, kami ingin menunjukkan kepada civitas akademika di manapun bahwa kami, Pengurus ASPENSI, memang profesional dalam mengelola berkala ilmiah.

Memang, ASPENSI sejak didirikan pada tahun 2006 hingga tahun 2013 sekarang ini telah menerbitkan dan mengelola 5 (lima) jurnal ilmiah. Suatu prestasi yang mencengangkan banyak orang. Kelima jurnal ilmiah tersebut adalah: (1) SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, terbit setiap bulan Mei dan November; (2) EDUCARE: International Journal for Educational Studies, terbit setiap bulan Februari dan Agustus; (3) TAWARIKH: International Journal for Historical Studies, terbit setiap bulan April dan Oktober; (4) ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan, terbit setiap bulan Juni dan Desember; dan (5) SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, terbit setiap bulan Maret dan September.

Selamat kepada Pengurus ASPENSI dan maju jaya. [MAS]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here