Lagi, Pengurus ASPENSI Ikut Pelatihan Jurnal

0
94

Pengurus ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia), diwakili oleh Andi SUWIRTA, M.Hum. dan Sri R. ROSDIANTI, S.Pd., mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan Seminar dan Lokakarya Pembinaan Jurnal Ilmiah yang Memenuhi Standar Mutu dan Tatakelola Nasional Tahap II yang akan dilaksanakan pada hari Jumat – Sabtu, tanggal 9 – 10 November 2012, bertempat di Kampus UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281, Indonesia.

Demikian dijelaskan oleh Dra. Wiwi Siti ZAWIYAH, Pengurus ASPENSI Divisi Kerjasama dan Seminar pada hari Selasa (6/11/2012). Menurut Wiwi, yang juga Kepala Sekolah dan Guru IPS-Sejarah di SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 9 Bandung, undangan tersebut merupakan bukti kepercayaan kepada ASPENSI yang telah berhasil menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah yang memang sangat diperlukan, baik oleh para Dosen dan Guru maupun para akademisi lainnya.

Sebagaimana diketahui bahwa ASPENSI, melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga lain, hingga sekarang telah berhasil menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah secara teratur dan mendapat respons yang luar biasa, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari negara-negara Asia Tenggara. Jurnal-jurnal tersebut adalah: (1) SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan; (2) EDUCARE: International Journal for Educational Studies; (3) TAWARIKH: International Journal for Historical Studies; (4) ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan; dan (5) SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah.

“Bukti bahwa jurnal kami mendapat trust (kepercayaan) dari stakeholder (pemangku kepentingan) adalah tidak pernah kekurangan naskah atau artikel yang bermutu dari berbagai negara, sehingga kami bisa menerbitkan jurnal-jurnal tersebut secara on time”, kata Wiwi dengan bangga menambahkan.

Sekaitan dengan kegiatan Seminar dan Lokakarya Pembinaan Jurnal Ilmiah di Yogyakarta, Wiwi menjelaskan bahwa para peserta akan mendapatkan materi-materi yang menarik untuk menambah wawasan dan perlu didiskusikan, diantaranya adalah: (1) “Menjaga Kepuasan Stakeholder” oleh Prof. Dr. Parjono; (2) “Persyaratan Pengajuan Akreditasi” oleh Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro; (3) “Memahami Rambu-rambu dan Instrumen Akreditasi” oleh Prof. Dr. Mien A. Rifai; dan (4) “SOP Pengelolaan Penerbitan Jurnal”.

Akhirnya, Wiwi mengharapkan bahwa dengan mengikuti kegiatan Seminar dan Lokakarya tersebut, para Pengurus ASPENSI akan semakin bersemangat bekerja dan profesional dalam mengelola dan menerbitkan jurnal-jurnal ilmiah, yang pada gilirannya nanti bisa terakreditasi oleh Ditjendikti Kemdikubud RI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia).

Semoga dan kami percaya. [MAS]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here