Jurnal TAWARIKH Ikut Penlok Manajemen Terbitan Berkala Ilmiah Tahun 2012 di Semarang

Setelah mengajukan proses akreditasi, dan kini tengah dinilai oleh pihak DP2M Ditjendikti Kemdikbud RI (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia), maka pihak Redaksi TAWARIKH: International Journal for Historical Studies mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan Penataran dan Lokakarya Manajemen Tebitan Berkala Ilmiah Tahun 2012. Kegiatan tersebut akan diadakan pada hari Kamis – Sabtu, 13-15 September 2012, bertempat di Hotel Grasia, Jalan S. Parman No.29 Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Anzar Abdullah, M.Pd., salah seorang Pengurus ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) dan Sekretaris Redaksi Jurnal TAWARIKH, kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 51 pengelola berkala ilmiah se Indonesia yang telah mengajukan proses akreditasi ke Ditjendikti Depdikbud RI pada periode II tahun 2012. Dari kegiatan tersebut, demikian Anzar yang juga Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP UVRI (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Republik Indonesia) di Makassar, Sulawesi Selatan, diharapkan para pengelola jurnal mendapatkan pencerahan dan wawasan baru di sekitar manajemen berkala ilmiah yang profesional, serta dapat melakukan evaluasi diri di sekitar proses akreditasi jurnal yang telah dilakukan.

Dalam kegiatan tersebut, para pengelola jurnal akan mendapatkan wawasan dan berbagi pengalaman tentang manajemen terbitan berkala ilmiah yang berkualitas dan profesional. Beberapa topik menarik yang akan dibicarakan adalah: (1) “Menyiasati Rambu-rambu Permendiknas Nomor 22 Tahun 2011” oleh Prof. Dr. Mien A. Rifai; (2) “Etika Terbitan Berkala Ilmiah” oleh Prof. Dr. M. Nur Kholis Setiawan; (3) “Plagiarisme” oleh Prof. Dr. Ali Saukah; (4) “Teknik Penyuntingan demi Pemantapan Gaya Penulisan” oleh Prof. Dr. Suminar S. Achmadi; (5) “Memburu Naskah dan Manajemen Pengelolaan Naskah” oleh Prof. Dr. Wasmen Manalu; (6) “Strategy for Indexing and Abstracting the Scientific Journal in SCOPUS, DOAS, EBSCO, and Google Scholar” oleh Prof. Dr. Istadi; dan (7) “Manajemen Grafis dan Percetakan” oleh Reni Ambarwati, M.Sc.

“Pihak Redaksi jurnal TAWARIKH sendiri, dalam kegiatan ini, akan mengutus Andi Suwirta, M.Hum. sebagai salah seorang Sekretaris Redaksi dan Ketua Umum ASPENSI di Bandung”, demikian Anzar mengakhiri pembicaraan.

Selamat kepada Redaksi Jurnal TAWARIKH, semoga terakreditasi oleh Dikti dan menjadi jurnal yang terujuk baik pada level nasional, regional Asia Tenggara, maupun internasional. [MAS]