Redaksi SOSIOHUMANIKA dan EDUCARE Ikuti Semiloka Pembinaan Jurnal di Kampus UNY Yogyakarta

2
118

Para anggota redaksi SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan dan EDUCARE: International Journal for Educational Studies mengikuti kegiatan Seminar dan Lokakarya (Semiloka) tentang Pembinaan Jurnal yang Memenuhi Standar Mutu dan Tatakelola Nasional di Kampus UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), pada hari Jumat dan Sabtu, 7-8 September 2012.

Demikian keterangan yang disampaikan oleh Dr. Encep Supriatna, Wakil Sekretaris Jenderal ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung pada hari Rabu, 5 September 2012.

Menurut Encep, yang juga Dosen di Jurusan Pendidikan Sejarah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), keikutsertaan para anggota redaksi jurnal yang diterbitkan oleh ASPENSI tersebut, diantaranya, untuk menambah wawasan dan profesionalisme dalam manajemen jurnal ilmiah agar pada masa-masa yang akan datang akan diakui sebagai jurnal terujuk dan terindeks, baik pada level nasional, regional Asia Tenggara, maupun internasional.

Anggota redaksi dari jurnal SOSIOHUMANIKA yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah: (1) Prof. Dr. Abdul Jalil Othman, anggota redaksi pakar dan Dosen Senior di Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia; (2) Moch Eryk Kamsori, S.Pd., Pengurus ASPENSI dan Dosen di UPI Bandung; dan (3) Sri R. Rosdianti, S.Pd., Pengurus ASPENSI dan Guru di SMKN 9 Bandung.

Sedangkan anggota redaksi dari jurnal EDUCARE yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah: (1) Prof. Dr. H. Tukiran Taniredja, Ketua Redaksi dan Dosen di Universitas Muhammadiyah Purwokerto; (2) Prof. Dr. M. Syaom Barliana, anggota redaksi pakar dan Dosen di UPI Bandung; (3) Dr. Encep Supriatna, Pengurus ASPENSI dan Dosen di UPI Bandung; dan (4) Andi Suwirta, M.Hum., Ketua Umum ASPENSI dan Dosen di UPI Bandung.

Kegiatan Semiloka ini menampilkan beberapa nara sumber dengan topik-topik bahasan yang menarik, diantaranya adalah: (1) “Kiat Memburu Naskah dan Menjaring Naskah Bermutu” oleh Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro; (2) “Penggalangan Kerjasama” oleh Prof. Pardjono, Ph.D.; (3) “Pengevaluasian Keilmiahan Naskah oleh Penulis dan Penyunting” oleh Prof. Dr. Mien A. Rifai; (4) “Teknik Penyuntingan” oleh Dr. Anwar Effendi; dan (5) “Pembenahan Bahasa” oleh Dr. Kasta Syamsi.

Selamat kepada anggota redaksi jurnal SOSIOHUMANIKA dan EDUCARE. Semoga ilmu yang diperoleh dari Semiloka akan berguna bagi peningkatan kualitas jurnal yang diterbitkan oleh ASPENSI. [MAS]

SHARE

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here