Pengurus ASPENSI: “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa”

0
173

Pengurus ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) mengucapkan “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa” kepada umat Islam di Indonesia dan di seluruh Dunia. Dengan berpuasa semoga hubungan antara manusia dengan Tuhannya (habluminallah) dan manusia dengan sesamanya (habluminannas) akan semakin meningkat dan menuju ke arah kebaikan.

Demikian pesan yang disampaikan oleh Andi Suwirta, M.Hum., Ketua Umum ASPENSI, melalui telefon selulernya kemarin, Jum’at, 20 Juli 2012. Menurut Suwirta, yang juga Dosen Senior di Jurusan Pendidikan Sejarah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung, selama bulan Ramadhan maka amal ibadah dan kerja-kerja kemanusiaan harus terus ditingkatkan.

“Dalam perspektif sejarah, bulan Ramadhan juga punya makna penting bagi bangsa Indonesia. Negara ini diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 dalam suasana bulan Ramadhan. Tahun 2012 ini pun, kita memperingati 67 tahun Indonesia merdeka dalam bulan Ramadhan, bulan yang suci dan penuh kemenangan”, kata Suwirta menegaskan.

Sementara itu Sri R. Rosdianti, S.Pd., Wakil Bendahara ASPENSI, menyatakan bahwa selama bulan Ramadhan, organisasi ASPENSI tetap merancang dan menjalankan beberapa program kegiatan yang telah ditentukan. Misalnya, merancang kegiatan pelatihan manajemen penerbitan jurnal ilmiah, sebagai tindak-lanjut dari program Ditjen Dikti Kemdikbud RI (Direktora Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia), dimana dua buah jurnal milik ASPENSI, yakni SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan dan EDUCARE: International Journal for Educational Studies mendapat bantuan Hibah Jurnal yang Memenuhi Standar Mutu dan Tata Kelola Nasional Tahun 2012.

“Insya Allah, kegiatan ini akan dilaksanakan di Bandung dan di Purwokerto”, kata Sri seraya menambahkan bahwa jurnal internasional EDUCARE memang bekerjasama dengan UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto), sehingga kegiatannya perlu diselenggarakan di kota Jawa Tengah tersebut.

Menurut Sri, yang juga Guru Pendidikan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 9 Bandung dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) Labschool UPI Kampus Cibiru di Bandung, pihak ASPENSI ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para pengelola jurnal dan majalah ilmiah, baik milik Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, maupun Pusat Penelitian, dalam rangka meningkatkan kualitas penerbitan jurnal atau majalah ilmiah yang pada gilirannya akan membawa nama baik bangsa dalam bidang akademik di fora nasional dan internasional.

“Bulan Ramadhan adalah moment yang baik untuk melakukan refleksi dan aksi yang didasari oleh niat suci dan ibadah kepada Allah SWT, sehingga insya Allah segala amal perbuatan yang kita lakukan akan mendapat berkah dan hidayah dari-Nya”, demikian Sri menutup pembicaraan.

Selamat dan sukses kepada Pengurus ASPENSI di Bandung. Allah SWT menyukai hamba-hambanya yang terus berkarya demi kemajuan umat manusia. [MAS]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here