Temu Alumni Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah

1
110

Temu Alumni tidak hanya dapat dijadikan ajang nostalgia tentang kegiatan dan kiprah di masa lalu, tetapi juga dapat dijadikan refleksi dan aksi bersama untuk kemajuan dan kejayaan, baik bagi pribadi alumni itu sendiri maupun bagi institusi sebagai almamater, tempat alumni itu dulu menuntut ilmu. Demikian ditegaskan oleh Mohd Zakir bin Naain, M.A., alumni Jurusan Pendidikan Sejarah IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung dari Malaysia kemarin, Minggu, 8 Juli 2012.

Menurut Zakir, yang sekarang mengajar TITAS (Tamadun Islam dan Tamadun Asia) di Kolej MARA (Majlis Amanah Rakyat) di Alor Star, Kedah, Malaysia, alumni Jurusan Pendidikan Sejarah IKIP Bandung, atau sekarang UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), dapat berbuat dan berkiprah banyak bagi kemajuan bangsa, khususnya di bidang pendidikan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Malaysia.

Hal senada juga dikemukakan oleh Andi Suwirta, M.Hum., alumni Jurusan Pendidikan Sejarah IKIP Bandung tahun 1989. Menurut Suwirta, yang sekarang sebagai Dosen di Almamaternya dan Ketua Umum ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia), temu alumni dapat merancang program dan aksi bersama untuk membangun networking bagi kemajuan karir di tempat kerjanya masing-masing.

“Nampaknya diperlukan data base yang akurat dan terkini tentang profil alumni, sehingga proses silaturahmi dan membangun jejaring itu akan lebih mudah dan efektif dilaksanakan”, kata Suwirta menambahkan.

Temu Alumni Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah yang berlangsung sejak hari Sabtu dan Minggu, tanggal 7-8 Juli 2012 itu cukup meriah dan diselenggarakan di Villa Manggalagiri, Jalan Tangkuban Perahu No.107 Lembang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Kegiatan yang digagas oleh Marga Sopana, sebuah organisasi Mahasiswa Pendidikan Sejarah IKIP Bandung yang hirau dengan masalah sejarah, budaya, dan alam sekitar ini berjalan dengan sukses, karena menghadirkan alumni dari berbagai angkatan.

Selamat dan semoga ditindaklanjuti dengan kegiatan Temu Alumni yang lebih besar dan meriah lagi di masa-masa yang akan datang. [MAS]

SHARE

1 COMMENT

  1. Tahniah encik Zakir and pak Andi. Mengapa kah kami tak dijemput dalam majlis Temu Alumni tu? Bila-bila di masa hadapan, kami alumni daripada Malaysia nak pun datang. Oleh itu, sila dedahkan maklumat mengenai Temu Alumni melalui media online, sama ada akhbar, portal, FB mahupun twitter. Sekian dan salam muhibah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here