ASPENSI dan Pemetaan Alumni Pendidikan Sejarah

10
1326

Para Alumni Pendidikan Sejarah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung kini telah menyebar dan mengabdikan diri untuk kemajuan disiplin ilmu sejarah dan pendidikan sejarah, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Mereka, para Alumni itu, umumnya menjadi Guru di sekolah. Tapi tidak sedikit juga yang menjadi Akademisi, Dosen, Pejabat, Pengusaha, Tentara, Wiraswasta, dan profesi lainnya yang mulia.

Demikian ditegaskan oleh Andi Suwirta, Ketua Umum ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung. Menurut Andi, yang merupakan Alumni Pendidikan Sejarah IKIP Bandung tahun 1989, gagasan untuk mengadakan Pemetaan Alumni Pendidikan Sejarah ini sudah lama dikemukakan, yakni sejak beliau menjadi Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah UPI di Bandung pada tahun 2001-2007.

“Masalah utamanya adalah karena kami memang kesulitan untuk mendapatkan alamat terkini dan biodata dari para Alumni”, kata Andi, yang menambahkan bahwa yang dimaksud dengan Alumni Pendidikan Sejarah di sini meliputi juga alumni PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru), FKIP UNPAD (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Padjadjaran), IKIP Bandung, dan UPI.

Karena itu, menurut Andi, untuk mempersiapkan segara sesuatunya, pihak ASPENSI memerlukan Data Dasar dari para Alumni Pendidikan Sejarah UPI. Data dasar dari para itu, mulai dari PTPG hingga UPI, bisa dikirim langsung melalui emel ke alamat: aspensi@yahoo.com, aspensi.bandung2006@gmail.com, atau pengurus@aspensi.com

Adapun data dasar yang diperlukan dan harus dikirim oleh para Alumni Pendidikan Sejarah adalah sebagai berikut:

1. Nama lengkap dan gelar:
2. Tempat dan tanggal lahir:
3. Lulus PTPG / FKIP-UNPAD / IKIP Bandung / UPI tahun berapa:
4. Riwayat pendidikan (dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi):
5. Agama:
6. Riwayat pekerjaan (dari dulu hingga sekarang):
7. Pengalaman berorganisasi (dari dulu hingga sekarang):
8. Alamat kantor sekarang (lengkap,) termasuk nomor telepon, HP, dan emel:
9. Alamat rumah sekarang (lengkap), termasuk nomor telepon dan HP:
10. Motto hidup:
11. Lampirkan juga foto terkini:

Data dasar tersebut, menurut Andi, akan dijadikan sebagai bahan untuk membuat buku Apa dan Siapa Alumni Pendidikan Sejarah UPI di Bandung. Buku ini nantinya bisa saja diluncurkan saat acara Temu Alumni Akbar berlangsung. Buku yang terbit juga bersifat sementara dan disempurnakan pada edisi-edisi selanjutnya.

Mengenai penerbit dan editor buku ini, Andi mengatakan bahwa ASPENSI hanya bertindak sebagai pemrakarsa gagasan, setelah data dasar dari para Alumni itu terkumpul maka akan segera ditindaklanjuti lagi, apakah misalnya akan diterbitkan oleh IKA (Ikatan Alumni) UPI dan dieditori oleh Alumni yang memiliki kemampuan untuk menerbitkan buku tersebut.

“Yang jelas, kami menunggu respons dari para Alumni Pendidikan Sejarah, sejak zaman PTPG hingga UPI, dengan harapan semoga para Alumni ini akan terus maju dan sukses selalu”, kata Andi mengakhiri pembicaraan.

Sebagai catatan tambahan, bagi Alumni yang membaca dan mengetahui informasi ini harap disebarkan juga kepada para Alumni lainnya, baik melalui emel, HP, telepon, Facebook, maupun jejaring sosial lainnya. [MAS]

SHARE

10 COMMENTS

  1. Berikut adalah beberapa saran yang masuk melalui SMS. Buku mungkin akan berbentuk Direktori agar semua alumni Pendidikan Sejarah UPI Bandung tercatat di dalamnya, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia.

    Baik juga mencontoh buku “Orang Indonesia yang Terkemuka di Jawa” yang diterbitkan oleh pemerintah pendudukan Jepang tahun 1940-an dan diterbit-ulang oleh Gadjah Mada University Press tahun 1980-an yang dieditori oleh Prof Dr Sartono Kartodirdjo.

    Beberapa usulan judul buku yang masuk diantaranya: (1) Apa dan Siapa Alumni Pendidikan Sejarah UPI di Bandung; (2) Direktori Alumni Jurusan Pendidikan Sejarah UPI Bandung; (3) Who’s Who Alumni Pendidikan Sejarah UPI Bandung; dan (4) Mengajarkan Masa Lalu untuk Merancang Masa Depan: Direktori Alumni Pendidikan Sejarah UPI Bandung.

    Silahkan tulis dan kirim melalui emel, jika ada usul-usul dan saran-saran yang lainnya. Sekian dan salam.

  2. Usul dan saran buat ASPENSI. Bukunya jangan dalam bentuk Direktori, terlalu ringkas. Bagus seperti buku “Apa dan Siapa Orang Sunda” yang disunting oleh pak Ayip Rosidi. Terima kasih dan salam Historia Magistra Vitae.

  3. IKA UPI sangat mendukung gagasan dan usaha ini. Kalau sudah ada barangnya, IKA UPI siap memfasilitasi untuk menerbitkannya. Kepada para Alumni yang berasal dari berbagai Jurusan dan Fakultas di UPI agar memprakarsai usaha yang baik seperti ini.

  4. Mudah2an rencana ini bukan hanya OMDO (Omong Doang). Ada kebiasaan, kalau sebuah rencana dibicarakan dan didiskusikan seolah2 sudah selesai dilaksanakan. Biasalah NATO (No Action, Talking Only).

  5. Saya menyambut gembira gagasan yang baik ini. Saya juga setuju jika bukunya jangan berbentuk Direktori, tapi agak panjang dan rinci sedikit. Misalnya tiap alumni dengan fotonya cukup 1 halaman. Jadi kalau ada alumni sebanyak 3000 orang, hanya sekitar 1500 halaman.

  6. Aku dukung banget gagasan ini. Moga2 terlaksana. Wah kalau terlaksana, bisa jadi contoh bagi alumni dari Jurusan dan Fakultas lain di UPI. Aku akan segera kirim CV dalam waktu terdekat.

  7. Salam, ASPENSI. I dah hantar cv ringkas. Sila tengok dan harap2 ianya boleh diterbit dalam kadar segera. Salam 1Malaysia.

  8. Salam, Alumni Pendidikan Sejarah.

    Ada yang usul agar buku “Apa & Siapa Alumni Pendidikan Sejarah UPI Bandung” nanti diterbitkan dalam Bahasa Inggeris agar bisa dibaca oleh masyarakat Asia Tenggara dan masyarakat Internasional. Tapi bapak/ibu kalau ngirim CV tetap saja dalam Bahasa Indonesia. Nanti oleh pihak ASPENSI akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggeris. Berikut adalah contoh CV yang masuk melalui emel: aspensi@yahoo.com

    Amas Kusna, Drs. He is currently as Teacher of History at the SMA (Sekolah Menengah Atas Negeri or State Senior High School), Jalan Raya Anyer Sirih Km.127, 600 Serang, Banten, Indonesia. Phone: +62254 601243. He was born in Bandung, West Java, Indonesia, on May 23, 1964. He earned his Drs. (Doctorandus) degree majoring in History Education from IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan or Institute of Education and Teacher Training) Bandung in 1988. His religion is Islam; and his motto for live is “Hidupku untuk mengabdi” [My life is to dedicate]. For networking and building friendship, he can be contacted via his full house address at: Anyer Reciden Blok D No. 15 Jalan Jaha Kubar, Anyer, Banten, Indonesia. Mobile: +62081911217845. E-mail: doktorfosil@gmail.com

    • Kalau saya sih lebih setuju dalam Bahasa Indonesia sajah. Biar orang luar mengerti bahasa nasional kita. Hidup “Historia Magistra Vitae!” He3. Bahasa Asing juga itu motto teh ya?

  9. Salam, Historia Magistra Vitae.

    Ini adalah contoh lain CV alumni dalam Bahasa Indonesia:

    Hizqil Apandi, S.Pd. adalah Alumni Pendidikan Sejarah UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) tahun 2004. Lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada tanggal 12 Mei 1978. Pekerjaan sekarang adalah sebagai Guru Sejarah di SMA Labschool UNSYIAH (Universitas Syah Kuala), Jalan Kuta Inong Balee No.02 Darussalam, Kota Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

    Riwayat pendidikan yang pernah ditempuhnya adalah: (1) SD, Sekolah Dasar, Muhammadiyah 3 Bandung, Jawa Barat, tahun 1992; (2) SMP, Sekolah Menengah Pertama, Negeri 14 Bandung, Jawa Barat, tahun 1995; (3) SMA, Sekolah Menengah Atas, Negeri Plus Provinsi Jawa Barat, tahun 1998; dan (4) Jurusan Pendidikan Sejarah UPI tahun 2004.

    Pengalaman berorganisasi yang pernah diembannya adalah: (1) Ketua Bidang Pendidikan HIMAS, Himpunan Mahasiswa Sejarah, tahun 2000-2001; (2) Anggota Bidang Advokasi Publik PRESMA, Presiden Mahasiswa, UPI tahun 2002-2003; (3) Ketua Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UPI, tahun 2000-2001; (4) Sekretaris Umum Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Banda Aceh, tahun 2001-2002; (5) Bendahara Umum DPD, Dewan Pimpinan Daerah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jawa Barat, tahun 2002-2004; (6) Sekretaris Umum Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota banda Aceh, tahun 2006-2010; (7) Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah Pemuda Muhammadiyah Aceh, tahun 2010 hingga sekarang; dan (8) Ketua MGMP, Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Sejarah kota Banda Aceh, tahun 2007-2009.

    Adapun pengalaman pekerjaan yang pernah dilaluinya adalah: (1) Guru Honorer SMP Muhammadiyah 3 Bandung, tahun 2002-2004; (2) Guru Honorer SMA BPPK Bandung, tahun 2004; (3) Staff Children Center UNICEF, United Nations for Children and Educational Funds, Banda Aceh, tahun 2005-2006; (4) Guru PNS, Pegawai Negeri Sipil, pada SMA Negeri 6 Banda Aceh, tahun 2006-2009; dan (5) Guru PNS pada SMA LAboratorium Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, tahun 2009 hingga sekarang.

    Sebagai seorang laki-laki yang beragama Islam, motto hidup yang dipegangnya adalah: “Memberi lebih, bekerja lebih”.

    Untuk kepentingan memperluas jejaring silaturahim dan kerjasama, alamat rumah yang bisa dihubungi adalah: Desa Blang Oi Lr. Belibis, Kec. Meuraksa, Kota Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Mobile: +6281360375213. E-mail: akmal_muhajir@yahoo.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here