Jurnal ASPENSI dan Bantuan Hibah dari Ditjen Dikti

9
305

Menindaklanjuti surat Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Penddikan Tinggi) nomor: 0314/E5.4/LL/2012, tanggal 23 Februari 2012, perihal Program Hibah Jurnal yang Memenuhi Standar Mutu dan Tata Kelola Nasional, DP2M (Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Ditjendikti akan mengadakan Taklimat/Penjelasan Teknis berkenaan dengan Hibah Jurnal tersebut, pada hari Kamis, 29 Maret 2012, bertempat di Ruang Sidang Utama LPPM Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karang Malang, Gang Guru, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Demikian ditegaskan oleh Sri R Rosdianti, S.Pd., Wakil Bendahara ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung, melalui telepon selulernya kemarin, Kamis, 22 Maret 2012.

Menurut Sri, jurnal ASPENSI yang akan mendapat Hibah dari Ditjen Dikti itu adalah: SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan dan EDUCARE: International Journal for Educational Studies.

”ASPENSI sangat berterima kasih dan memberi penghargaan yang tinggi kepada pihak Dikti atas kepercayaan ini”, kata Sri, yang juga adalah Guru di SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 9 dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) Labschool UPI Kampus Cibiru, Bandung.

Sri menambahkan bahwa ada sekitar 36 buah jurnal ilmiah di Indonesia yang akan mendapat Program Hibah Jurnal yang Memenuhi Standar Mutu dan Tata Kelola Nasional dari DP2M Ditjen Dikti.

We are really professional managers of the scientific journals”, Sri mengakhiri pembicaraan.

Selamat dan sukses buat ASPENSI, semoga jurnal-jurnal yang dikelolanya tetap berkualitas dan dapat terbit secara teratur. [MAS]

SHARE

9 COMMENTS

  1. Hebat euy, ASPENSI. Jadi ketahuan deh sekarang, mana organisasi profesi yang hanya ”papan nama” dengan yang tidak. Banyak organisasi profesi lain yang hanya namanya saja ada, tapi program kerjanya ”hawar-hawar” alias nyaris tidak terdengar. Banyak juga organisasi profesi yang tidak punya media, sehingga tidak dikenal oleh masyarakat akademik secara luas.

    ASPENSI pancen ok lah!!! Bisa mengalahkan APPS (Asosiasi Peneliti dan Pendidik Sejarah), AGSI (Asosiasi Guru Sejarah Indonesia), dan bahkan MSI (Masyarakat Sejarawan Indonesia).

    Mau jadi guru sejarah dan sejarawan yang profesional? Hayu atuh urang bergabung dengan ASPENSI. Sifat keanggotaannya terbuka kok, tidak harus orang sejarah, yang penting punya minat pada sejarah dan pendidikan sejarah.

    Tapi yang lebih penting lagi, untuk menjadi anggota harus berlangganan jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh ASPENSI. He he he.

    • @ Warga Sejarah: Sudah betul anda berhujah, jurnal ASPENSI yang dicap haram jadah, malah dapat hibah. Walah walah, hanjakal kata-kata sayah. Padahal sayah mah hanya bergurau sajah, tidak bermaksud marah, tapi ternyata dicatat oleh sejarah. Ya sudah-sudah, dasar bedebah, mantog siah!!!

  2. Mudah2an jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh ASPENSI tidak terkontaminasi oleh artikel2 hasil plagiat, seperti yang menimpa jurnal HISTORIA di UPI dan jurnal di UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Harus selektif dan hati2 menerima artikel, terutama dari orang2 yang berinisial CD, LN, dan AS dari UPI. Kasihan kan, jadi jurnal ini juga bisa kena penalti dan di “black list” oleh Ditjen Dikti.

    • Insya Allah jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh ASPENSI akan tetap konsisten, yakni: terbit teratur, bersifat online, tulisan-tulisannya lintas lembaga dan lintas negara, diedit dengan betul dan teliti, melibatkan mitra bebestari lintas negara, serta bisa terakreditasi dan menjalin hubungan yang dekat dengan Dikti.

  3. Urusetia jurnal ASPENSI yang dihormati. Kami berminat nak hantar kertas kerja untuk diterbit oleh jurnal-jurnal akademik yang ditadbir oleh pihak ASPENSI. Soalan kami adalah apakah jurnal-jurnal ni dah diiktiraf dan berataf antarabangsa, sama ada oleh SCOPUS mahupun oleh Google Scholar? Sekian, terima kasih.

    • Salam Pensyarah IPTA: Jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh ASPENSI masih sedang direview oleh SCOPUS di Singapura dan DOAS di Swedia. Tapi kalau Anda membuka http://www.google.com dan menulis nama-nama “jurnal” yang diterbitkan oleh ASPENSI, akan nampak di sana jurnal-jurnal yang Anda inginkan dan bisa diakses oleh para pembaca di seluruh dunia.

  4. I have searched your journals’ websites. Unfortunately, there are some missing of articles, especially in “EDUCARE: Interantional Journal for Educational Studies”. Please you update those websites. Best regards.

  5. Yth: Editor EDUCARE

    1. Apakah jurnal EDUCARE diakui oleh DIKTI untuk KUM kenaikan pangkat dosen?
    2. Apakah Tawarikh khusus tentang sejarah, bolehkan mengisi Tawarikh dengan tema artikel Pendidikan Ekonomi?
    3. Apakah EDUCARE sudah terakreditasi oleh DIKTI seperti Tawarikh ?

    Terimakasih

    Wassalam

    Waspodo Tjipto Subroto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here