UNSUR Tidak Menentang Kebijakan Dirjen Dikti

0
126

Kebijakan Dirjen Dikti Kemdikbud RI (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia) yang mengharuskan calon Sarjana, Magister, dan Doktor menuliskan karya ilmiah di jurnal atau berkala akademik sebelum mereka lulus dan diwisuda dipandang oleh pihak UNSUR (Universitas Suryakancana) di Cianjur sebagai tantangan dan peluang sekaligus.

Demikian Rektor UNSUR, Prof. Dr. H. Dwidja Priyatno, menyatakan dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara Pelatihan Penulisan Buku Teks dan Artikel Ilmiah bagi Dosen FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan Mahasiswa Program Studi PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) S-2 Pascasarjana UNSUR pada hari Sabtu, 25 Februari 2012 di Aula FKIP UNSUR Cianjur. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I, Dekan dan para Pembantu Dekan FKIP, Direktur Pascasarjana, Ketua Jurusan dan Program Studi di lingkungan FKIP UNSUR.

“Kebijakan dari Dirjen Dikti memang sekarang ini oleh universitas-universitas swasta banyak dibincang dan ditentang. Tapi pihak UNSUR ingin menyatakan sikap tidak menentang kebijakan tersebut”, demikian Prof. Dwidja menegaskan, seraya menambahkan bahwa jika ada tantangan sebaiknya harus dihadapi, bukannya malah dihindari.

Rektor UNSUR kemudian menjelaskan bahwa kegiatan Pelatihan Penulisan Buku Teks dan Artikel Ilmiah ini merupakan salah satu upaya dari pihak UNSUR untuk menghadapi tantangan tersebut. Bahkan dalam kegiatan pembukaan tersebut juga ditandai dengan acara Penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) antara pihak UNSUR dengan pihak ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) dalam rangka kerjasama penerbitan berkala ilmiah ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan.

Menurut Prof. Dwidja, pihak UNSUR ingin banyak belajar dari pihak ASPENSI tentang bagaimana mengelola penerbitan jurnal ilmiah yang profesional. Pihak UNSUR juga memandang bahwa tantangan yang ada harus disiasati sebagai peluang untuk terus maju dan berkembang.

Sementara itu Ketua Umum ASPENSI, Andi Suwirta, M.Hum., menyatakan ucapan terima kasih kepada pihak UNSUR yang mau bekerjasama untuk penerbitan jurnal ilmiah. Suwirta kemudian menjelaskan bahwa jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh ASPENSI, hampir semuanya mendapat sambutan yang baik dari beberapa Perguruan Tinggi, baik dari Indonesia maupun Malaysia untuk melakukan kerjasama.

Suwirta kemudian menyebutkan bahwa SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan telah bekerjasama dengan UMS (Universiti Malaysia Sabah) di Kota Kinabalu pada periode 2008-2011; EDUCARE: International Journal for Educational Studies telah bekerjasama dengan UMP (Univesitas Muhammadiyah Purwokerto) di Jawa Tengah untuk periode 2008-2011 dan 2011-2013; TAWARIKH: International Journal for Historical Studies telah bekerjasama dengan UVRI (Universitas Veteran Republik Indonesia) di Makassar untuk periode 2012-2015; dan ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan sekarang ini bekerjasama dengan UNSUR untuk periode 2012 dan 2014.

FKIP Siap Memajukan UNSUR

Kegiatan Pelatihan Buku Teks dan Artikel Ilmiah di UNSUR tersebut diikuti oleh 82 orang peserta, dengan pembicara kunci Prof. Dr. H. Suherli Kusmana, Konsultan pada PUSKURBUK (Pusat Kurikulum dan Perbukuan) dari Jakarta, yang juga sebagai Rektor UNIGAL (Universitas Galuh) di Ciamis, Jawa Barat.

Menurut Dekan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) UNSUR, H. Iyep Candra Hermawan, M.Pd., kegiatan ini selain untuk meningkatkan produktivitas menulis juga kualitas hasil penelitian dan pemikiran civitas akademica UNSUR agar dikenal oleh masyarakat akademik secara luas.

“FKIP siap untuk menjadikan UNSUR maju dan berkembang secara akademik. Hal ini ditandai bahwa tiap Program Studi yang ada di lingkungan FKIP telah memiliki jurnal ilmiah”, kata Iyep menegaskan, seraya menambahkan bahwa ini merupakan peluang dan wadah yang baik bagi para Dosen dan Mahasiswa FKIP UNSUR untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran mereka yang bernas dan cerdas.

Iyep akhirnya menandaskan bahwa kerjasama penerbitan dengan pihak ASPENSI ini terwujud berkat usaha yang tidak kenal lelah dari Dr. Hj. Siti Maryam, Dosen FKIP dan Pascasarjana UNSUR, yang selalu bersemangat untuk memajukan jurnal-jurnal ilmiah yang dimiliki oleh FKIP khususnya dan UNSUR umumnya.

Semoga UNSUR makin masyhur. [MAS]

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here