Jurnal Ilmiah Terbitan ASPENSI Paling Siap Menyambut Kebijakan Dirjendikti

1
152

Dalam suratnya Nomor: 2050/E/T/2011, tertanggal 30 Desember 2011 tentang “Kebijakan Unggah Karya Ilmiah dan Jurnal”, serta ditujukan kepada (1) Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri, (2) Direktur Politeknik Negeri, dan (3) Koordinator Kopertis Wilayah I-XII, Dirjen Dikti Kemdikbud RI (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia), Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, menyatakan antara lain sebagai berikut:

Dalam rangka mentaati peraturan perundangan yang berlaku, yaitu: Permendiknas No.17 Tahun 2010 tentang “Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi”; Permendiknas No.22 Tahun 2011 tentang “Terbitan Berkala Ilmiah”; Perdirjen No.49/DIKTI/Kep/2011 tentang “Pedoman Akreditasi Berkala Ilmiah”; serta dalam rangka menegakkan komitmen untuk membangun karakter dan meningkatkan kualitas dosen, dengan ini disampaian hal-hal sebagai berikut:

Pertama, Dirjen Dikti tidak akan melakukan penilaian karya ilmiah yang dipublikasikan di suatu jurnal jika artikel dan identitas jurnal ybs tidak bisa ditelusuri secara online.

Kedua, kebijakan nomor 1 di atas, efektif diimplementasikan untuk usulan kenaikan pangkat dan jabatan dosen mulai tahun 2012.

Ketiga, Perguruan Tinggi dan pengelola jurnal wajib mengunggah karya ilmiah mahasiswa dan dosen pada portal Garuda, portal Perguruan Tinggi, portal jurnal ybs atau portal lainnya.

Menanggapi kebijakan dari Dirjendikti tsb, Wakil Sekjen dan Wakil Ketua ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung yang menangani masalah publikasi, seminar, dan penelitian, yaitu: Dr. Encep Supriatna dan Moch Eryk Kamsori, S.Pd. menyatakan bahwa ASPENSI menyambut gembira dan paling siap menghadapi kebijakan tersebut.

“Sudah sejak tahun 2008, jurnal-jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh ASPENSI memiliki portalnya sendiri yang selalu di maintenance dan di update dengan baik”, kata Encep menegaskan.

Sementara itu Eryk menambahkan bahwa hingga tahun 2012 ini ASPENSI telah menerbitkan 4 buah jurnal ilmiah yang masing-masing memiliki portal atau website sendiri, sehingga para pembaca di seluruh dunia dapat melayari dan mengaksesnya secara bebas.

Jurnal-jurnal tersebut adalah: (1) SOSIOHUMANIKA, bisa dilayari di: www.sosiohumanika-jpssk.com; (2) EDUCARE, bisa dilayari di: www.educare-ijes.com; (3) TAWARIKH, bisa dilayari di: www.tawarikh-journal.com; dan (4) ATIKAN, bisa dilayari di: www.atikan-jurnal.com

“Bahkan dalam rangka menyambut kegiatan Konferensi Internasional dan Kongres I ASPENSI nanti pada tahun 2013, kami juga merencanakan akan menerbitkan jurnal ilmiah 1 lagi, yaitu: SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah dan Pendidikan Sejarah”, kata Eryk yang juga sebagai Dosen Jurusan Pendidikan Sejarah di Kampus UPI.

Baik Encep maupun Eryk akhirnya menghimbau dan mengundang para Guru, Dosen, dan Akademisi di Indonesia dan di negara-negara Asia Tenggara untuk jangan ragu-ragu mengirimkan hasil-hasil penelitian dan pemikiran mereka ke jurnal-jurnal ilmiah terbitan ASPENSI.

We are professional managers of the scientific journals”, tegas Encep mengakhiri pembicaraan. [MAS]

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here