ASPENSI Jalin Kerjasama dengan UVRI dalam Penerbitan Jurnal TAWARIKH

0
103

ASPENSI (Asosiasi Sarjana Pendidikan Sejarah Indonesia) di Bandung akan melakukan penandatanganan MoA (Memorandum of Agreement) dengan UVRI (Universitas Veteran Republik Indonesia) di Makassar, Sulawesi Selatan, dalam rangka kerjasama penerbitan jurnal internasional TAWARIKH.

Ketua Umum ASPENSI, Andi Suwirta, menyatakan hal itu dalam sela-sela mengikuti Konferensi Internasional Budaya Sunda 2 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, pada hari Rabu, 21 Desember 2011. Menurut Andi, kerjasama ini sudah biasa bagi ASPENSI karena pada sebelumnya dilakukan juga kerjasama dengan UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) di Jawa Tengah dalam rangka penerbitan jurnal internasional EDUCARE.

Penerbitan jurnal ilmiah adalah sebuah keniscayaan bagi Perguruan Tinggi. Namun, sesuai dengan UU (Undang-Undang) Guru dan Dosen serta sejalan juga dengan himbauan dari Ditjendikti Kemdikbud RI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia), maka jurnal ilmiah itu sebaiknya diterbitkan oleh organisasi profesi agar keberlangsungan penerbitan dan fokus kajian pada disiplin ilmunya lebih jelas.

ASPENSI di Bandung, yang didirikan pada tanggal 20 Mei 2006, menurut Andi lagi, kini telah memiliki jurnal ilmiah sebanyak 4 buah, yaitu: (1) SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan; (2) EDUCARE: International Journal for Educational Studies; (3) TAWARIKH: International Journal for Historical Studies; dan (4) ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan.

Sementara itu dari pihak UVRI di Makassar, yang diwakili oleh Anzar Abdullah, menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan peluang emas bagi UVRI agar bisa belajar banyak tentang bagaimana mengelola sebuah jurnal nasional dan internasional yang berkualitas.

“Kami tahu bahwa ASPENSI di Bandung memiliki pengalaman dalam pengelolaan jurnal-jurnal ilmiah yang berkualitas. Karena itu kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak, baik UVRI di Makassar maupun ASPENSI di Bandung”, kata Anzar melalui telefon selulernya langsung dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Acara penandatanganan MoA sendiri akan dilaksanakan pada hari Selasa, 27 Desember 2011, bertempat di Kampus UVRI Makassar. Acara ini akan dipimpin langsung oleh Rektor UVRI dan dihadiri oleh para Pembantu Rektor, Dekan-dekan, dan civitas akademika UVRI di Makassar. [MAS]

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here